Membaca Kompas merupakan ritual pagi saya. Dan setiap kali saya membacanya selalu ada saja dialog dengan diri sendiri, entah mengenai isi, pesan, sudut pandang, maupun bahasa suatu tulisan. Dialog ini saya blog-kan agar dapat menjadi referensi saya.

Selasa, 04 Maret 2008

Serangan balasan ke Jalur Gaza

http://www.kompas.com/kompascetak/read.php?cnt=.xml.2008.03.04.0217551&channel=2&mn=157&idx=157

Dalam rubrik Internasional (yang dalam www.kompas.com ditulis sebagai International) saya melihat foto yang termasuk langka. Di sini ditampilkan foto warga Israel yang berlari ke tempat perlindungan untuk menghindari serangan roket Hamas dari Jalur Gaza. Foto yang biasa ditampilkan adalah mengenai keluarga Palestina yang sedang menangisi anggota keluarganya yang menjadi korban pengeboman Israel.

Saya tidak mempunyai preferensi dan tidak mempunyai keterkaitan emosional dalam kasus Israel-Palestina. Tetapi, saya tidak merasa nyaman melihat kecenderungan pemberitaan yang lebih menampilkan Palestina sebagai "korban". Pengetahuan saya mengenai konflik ini sangat minim, umumnya saya dapatkan dari membaca berita di koran. Yang saya tahu, seringkali dikatakan bahwa Israel melakukan serangan balasan terhadap Palestina. Jadi, sifatnya adalah balasan. Dengan pernyataan ini saya sama sekali tidak bermaksud membenarkan tindakan Israel, tetapi kita juga harus bisa mendudukan permasalahan pada tempatnya.

Setelah 5 hari menggempur Jalur Gaza, Israel akhirnya menghentikan serangan itu. Dan yang lucunya, juru bicara Hamas langsung mendeklarasikan kemenangan atas Israel karena berhasil memaksa hengkang musuh. Lucu sekali.

1 komentar:

chaiyo mengatakan...

yah..
kl ttg israel palestina mah, susah di jawabnya.
di US, lobby israel thd kebijakan dan pers sangat kuat. jadi selalu melihat palestina sbg perusak.

di negara muslim, isreael dilihat sbg zionis bin penjajah baru.

anyway,
kl saya sih liat faktanya.
siapa yg nyerang siapa.
apapun alasannya...

gampang khan,
nentuin salah en benernya...
:)

salam,

cahyo
http://improve-it.blogspot.com/
http://indosingleparent.blogspot.com/