Membaca Kompas merupakan ritual pagi saya. Dan setiap kali saya membacanya selalu ada saja dialog dengan diri sendiri, entah mengenai isi, pesan, sudut pandang, maupun bahasa suatu tulisan. Dialog ini saya blog-kan agar dapat menjadi referensi saya.

Kamis, 22 November 2007

Pulo Mas or Menteng Pulo, Bakrie's or not Bakrie's

Sekali lagi Kompas kurang cermat dalam menulis. Berita tentang penggusuran warga Menteng Atas menuliskan bahwa penggusuran dialami oleh warga yang mendiami areal TPU Pulo Mas, Kelurahan Menteng Atas. Setahu saya TPU itu bernama Menteng Pulo. Memang ada kesamaan antara kedua nama ini yaitu sama-sama mengandung kata Pulo. Tetapi dari sisi lokasi yang satu ada di Timur dan yang satu ada di Selatan.
Dari sisi isi juga ada berita yang membingungkan. Lurah Menteng Atas mengatakan bahwa tanah yang di atasnya akan dibangun kantor pemadam kebakaran dan puskesmas ini bukan milik Bakrie "sambil menunjukkan sertifikat tanah". Tetapi pada paragraf terakhir disebutkan bahwa lurah dan pemda masih akan berusaha melobi Bakrie Group supaya mau memberikan uang kerahiman, dan jika sampai batas waktu belum juga ada kesepakatan dengan Bakrie Group maka pembongkaran terpaksa dilakukan. Hmm...apa hubungannya Bakrie Group di sini?

Tidak ada komentar: