Membaca Kompas merupakan ritual pagi saya. Dan setiap kali saya membacanya selalu ada saja dialog dengan diri sendiri, entah mengenai isi, pesan, sudut pandang, maupun bahasa suatu tulisan. Dialog ini saya blog-kan agar dapat menjadi referensi saya.

Jumat, 30 November 2007

Waspadai LSM di Aceh

Demikian headline berita tentang Lembaga Swadaya di halaman 3. Menurut saya, judul ini agak tidak tepat karena ternyata 70% berita ini mengupas potensi ekonomi Aceh.
Padahal, dengan judul yang bagus ini sang wartawan (A01) dapat menulis dengan sangat menarik dan berbobot. Ada banyak hal yang bisa dikupas dari kehadiran LSM di Aceh segera setelah tsunami. Bukan cerita baru kalau ada LSM yang menggunakan Aceh sebagai gimmick untuk menarik uang donor. Dan Kompas bisa mengupas hal ini lebih dalam lagi sekarang, pada saat uang donor sudah mulai mengering. Sekarang ini lah dapat terlihat mana LSM yang benar-benar ingin berkarya dan membantu masyarakat Aceh.

Tidak ada komentar: