Membaca Kompas merupakan ritual pagi saya. Dan setiap kali saya membacanya selalu ada saja dialog dengan diri sendiri, entah mengenai isi, pesan, sudut pandang, maupun bahasa suatu tulisan. Dialog ini saya blog-kan agar dapat menjadi referensi saya.

Sabtu, 01 Desember 2007

Presiden bernyanyi

Saya hanya bisa geleng-geleng kepala ketika membaca berita di halaman 3 ini. Bukannya mengurusi negara yang compang-camping, presiden malah lebih sibuk bernyanyi. Berbicara dengan artis penyanyi memang lebih menyenangkan (dan lebih wangi) daripada berbicara dengan masyarakat Porong. Pak presiden juga tidak tampak galau memikirkan harga minyak yang terus meningkat.
Soft power, kata beliau. Soft leader, kata saya.
Mengubah perilaku bangsa lewat lagu???? Haahaha....nice try.
Apakah kita bisa mengembalikan kawasan penyangga bakau melalui lagu? Apakah kita bisa menghentikan banjir dengan lagu? Apakah kita bisa mencegah penebangan liar dengan lagu? Apakah kita bisa menghentikan orang membuang sampah sembarangan dengan lagu?
Tidak, bapak presiden. Strong leader, itu lah yang bisa melakukan semuanya.

Tidak ada komentar: