Membaca Kompas merupakan ritual pagi saya. Dan setiap kali saya membacanya selalu ada saja dialog dengan diri sendiri, entah mengenai isi, pesan, sudut pandang, maupun bahasa suatu tulisan. Dialog ini saya blog-kan agar dapat menjadi referensi saya.

Selasa, 11 Desember 2007

Kompas sekali lagi tidak teliti!

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0712/11/Politikhukum/4074877.htm

Kecewa sekali saya membaca halaman 4 hari ini. Nama "Monsanto" ditulis sebagai "Mosanto", dan ini muncul berkali-kali. Yang paling parah, kesalahan ini sudah tampak di headline! Monsanto bukan lah kata yang asing, seharusnya.
Saya juga kecewa melihat Kompas dengan mudahnya menggunakan kata "cek dan ricek". Kalaupun kata itu benar diucapkan oleh Muhammad Salim dari Kejaksaan Agung, saya tetap merasa Kompas tidak sepantasnya menuliskan kata tersebut. Apakah tidak ada padanan kata dalam bahasa Indonesia yang bisa menjelaskan kata "check" dan "recheck"??

Tidak ada komentar: